Jumat, 28 Januari 2011

Faktor-Faktor Penyebab Krisis PR

Faktor-Faktor Penyebab Krisis
Krisis tidak bisa diprediksi datangnya. Jalan terbaik untuk menghadapinya adalah membuat perencanaan untuk menghadapi krisis.  If you want peace, prepare for war.
Berikut dijelaskan sembilan jenis krisis berdasarkan penyebabnya.
1)      Krisis karena bencana alam
      Tipe paling relevan dari krisis adalah yang disebabkan bencana alam. Bencana alam, seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, banjir, dan kebakaran dapat terjadi di lingkungan sekitar kita dan manusia selalu tidak berdaya menghadapinya.
      Banyak negara telah merasakan dampak dari bencana alam. Amerika pernah di serang badai Katrina. Di Indonesia, pada 2004 Aceh mengalami gempa dan tsunami yang sangat dahsyat. Pada 2006, Yogyakarta mengalami gempa bumi. Selain itu, belum lama ini pun telah terjadi bencana yang tak kalah dasyat. Banjir di Wasior, Papua; tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat; maupun Erupsi Gunung Merapi di Yogyakarta.
Gambar 3.4.
Evakuasi saat Gunung Merapi Erupsi pada Awal November 2010
Sumber: http://foto.detik.com/readfoto/2010/11/01/114011/1481327/157/3/

Australia pun dilanda kebakaran hutan yang hebat. Bencana alam meluluhlantakkan seluruh sendi-sendi kehidupan. Rumah dan gedung perkantoran hancur, korban meninggal, jalan rusak, listrik mati, air bersih langka, merebaknya penyakit, yang berujung pada ambruknya perekonomian adalah multiplier effect dari bencana alam. Cost recovery untuk daerah yang terkena krisis sangat besar.

2)                  Krisis karena kecelakaan industri
Krisis karena kecelakaan industri cukup bervariasi, mulai dari mesin yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, kebakaran, hingga kecelakaan kerja. Jika krisis ini terjadi, maka perusahaan harus memberikan perhatian secara penuh dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Bahaya dari kecelakaan industri yang dapat menyebabkan kematian biasanya menjadi ‘magnet bagi media’.
Gambar 3.5.
Ribuan rumah telah tenggelam oleh Lumpur Lapindo sejak 2006
Sumber: http://4.bp.blogspot.com

Banyak perusahaan berada dalam krisis karena masalah ini. Sebut saja semburan lumpur Lapindo yang mengakibatkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal, kebocoran gas di sebuah hypermarket yang mengakibatkan beberapa orang pingsan, dan yang paling mutakhir adalah meledaknya depo Pertamina Plumpang.

3)      Krisis karena produk yang kurang sempurna
Dalam bisnis perusahaan menghasilkan produk yang terdiri dari barang (goods) dan jasa (services). Barang dan jasa juga memiliki potensi krisis. Hal ini mungkin saja terjadi karena produk yang dihasilkan cacat (defect) atau kurang sempurna, walaupun perusahaan telah melakukan riset dan teknik pengembangan produk sebelumnya.
Demikian juga halnya yang terjadi dalam bisnis jasa, yang mana pelayanan optimal (excellent services) merupakan faktor penting. Ketidakmampuan karyawan memberikan pelayanan yang optimal kepada konsumen akan memberikan efek krisis kepada perusahaan dan produknya.

4)      Krisis karena persepsi publik
Saat krisis terjadi, perusahaan yang mengalaminya mungkin saja akan menjumpai krisis lain karena krisis yang terjadi sebelumnya tidak teratasi dengan baik. Inilah yang menyebabkan potensi kerugian menjadi berlipat ganda, baik dari segi keuangan maupun moral karyawan. Selain itu, citra perusahaanpun akan terus memburuk.
      Krisis ini merupakan konsekuensi dari sebuah krisis darurat, merefleksikan kualitas organisasi dalam merespon krisis dan memperlihatkan seberapa efisien proses pengambil keputusan dalam organisasi tersebut.

5)      Krisis karena hubungan kerja yang buruk
      Hubungan kerja yang buruk antara pekerja dan perusahaan dapat menjurus pada krisis besar. Krisis ini dapat mengarah pada kondisi tidak terkendali yang serius dalam operasional perusahaan. Kekuatan buruh terkadang dapat memaksa industri untuk tutup sehingga perusahaan terpaksa bertindak agresif. Hubungan antara buruh dan perusahaan seharusnya dijaga agar tidak sampai pada level saling merusak.

6)      Krisis karena  kesalahan strategi bisnis
Penyebab utamanya dari krisis ini adalah perencanaan atau implementasi strategi bisnis yang keliru atau tidak tepat, yang dilakukan oleh manajemen. Krisis jenis ini biasanya tidak dapat diprediksi sebelumnya. Hal ini terjadi karena pergeseran pasar yang mendadak yang tidak diantisipasi oleh manajemen, kegagalan untuk menyesuaikan dengan kebijakan pasar; krisis global yang secara tidak langsung berimbas pada bisnis perusahaan.
Walaupun tidak dapat diprediksi sebelumnya, manajemen harus bertanggung jawab atas krisis tersebut.

7)      Krisis karena terkait masalah kriminal
Krisis yang terkait masalah kriminal belakangan sering terjadi. Krisis jenis ini merupakan ancaman besar untuk beberapa industri, seperti pariwisata, perbankan, dan penerbangan. Contoh krisis ini adalah terorisme, pembajakan, kekerasan, perjudian, pemalsuan, dan pencurian. Krisis ini membutuhkan respon yang tepat karena menjadi  ‘magnet media’.

8)      Krisis karena pergantian manajemen
Kadang-kadang perubahan dalam organisasi dianggap sebagai suatu krisis. Beberapa perusahaan menempatkan CEO mereka sebagai figur penting yang tidak tergantikan sehingga kepergiannya betul-betul menimbulkan krisis. Beberapa perusahaan perlu menyiapkan rencana pergantian pimpinan sehingga krisis semacam itu tidak perlu terjadi.

9)      Krisis karena persaingan bisnis
Krisis jenis ini menjadi semakin sering terjadi karena ketatnya persaingan bisnis. Beberapa perusahaan yang memonopoli pasar dapat saja mengontrol pasar dan menyerang pesaing secara frontal. Hal ini akan menyebabkan pesaing rugi dan harus mengeluarkan banyak uang untuk bangkit dan membangun kembali nama dan reputasi mereka.

Kesimpulan dari semua penyebab krisis masuk dalam empat kategori, yaitu bencana alam, masalah teknis, kesalahan manusia (human error), dan keputusan manajemen atau manajemen tidak dapat mengambil keputusan yang tepat. Kebanyakan krisis berada pada kategori terakhir.  

Situasi krisis dalam bisnis juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor yang berhubungan dengan hal-hal di berikut.
1)                  Public health
Public health adalah krisis yang terjadi karena produk perusahaan ditenggarai membahayakan kesehatan atau terbuat dari bahan-bahan yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan.
            Belakangan ini, di Indonesia marak beredar isu makanan berformalin. Akibatnya industri makanan dan minuman di Indonesia mengalami penurunan omzet 30 hingga 40 persen. Para pedagang menderita kerugian hingga 50 persen, bahkan sebagian dari mereka sudah gulung tikar. Kerugian akibat pemberitaan makanan berformalin menimbulkan efek berantai. Yang rugi tidak hanya pengusaha mie, bakso, dan tahu tetapi pengusaha terigu, kecap, saus tomat, dan industri makanan lainnya juga terkena dampaknya. Pemberitaan makanan berformalin benar-benar memukul pedagang kecil.
Kasus terakhir yang melibatkan industri makanan di Indonesia adalah Kasus Indomie yang dilarang beredar di Taiwan. Karena disebut mengandung bahan pengawet yang berbahaya bagi manusia. Zat yang terkandung dalam Indomie adalah methyl parahydroxybenzoate dan benzoic acid (asam benzoat).
Kedua zat tersebut biasanya hanya boleh digunakan untuk membuat kosmetik, dan pada Jumat (08/10/2010) pihak Taiwan telah memutuskan untuk menarik semua jenis produk Indomie dari peredaran.  Di Hongkong, dua supermarket terkenal juga untuk sementara waktu tidak memasarkan produk dari Indomie.
            A Dessy Ratnaningtyas, seorang praktisi kosmetik menjelaskan, dua zat yang terkandung di dalam Indomie yaitu methyl parahydroxybenzoate dan benzoic acid (asam benzoat) adalah bahan pengawet yang membuat produk tidak cepat membusuk dan tahan lama. Zat berbahaya ini umumnya dikenal dengan nama nipagin. Dalam pemakaian untuk produk kosmetik sendiri pemakaian nipagin ini dibatasi maksimal 0,15%.
            Ketua BPOM Kustantinah juga membenarkan tentang adanya zat berbahaya bagi manusia dalam kasus Indomie ini. Kustantinah menjelaskan bahwa benar Indomie mengandung nipagin, yang juga berada di dalam kecap dalam kemasam mie instan tersebut. tetapi kadar kimia yang ada dalam Indomie masih dalam batas wajar dan aman untuk dikonsumsi, lanjut Kustantinah.

            Tetapi bila kadar nipagin melebihi batas ketetapan aman untuk di konsumsi yaitu 250 mg per kilogram untuk mie instan dan 1.000 mg nipagin per kilogram dalam makanan lain kecuali daging, ikan dan unggas, akan berbahaya bagi tubuh yang bisa mengakibatkan muntah-muntah dan sangat berisiko terkena penyakit kanker.
            Menurut Kustantinah, Indonesia yang merupakan anggota Codex Alimentarius Commision, produk Indomie sudah mengacu kepada persyaratan Internasional tentang regulasi mutu, gizi dan kemanan produk pangan. Sedangkan Taiwan bukan merupakan anggota Codec. Produk Indomie yang dipasarkan di Taiwan seharusnya untuk dikonsumsi di Indonesia, karena standar di antara kedua negara berbeda maka timbulah kasus Indomie ini.

2)            Safety and security issues
            Faktor keselamatan dan keamanan merupakan hal yang penting bagi perusahaan dalam melayani konsumennya. Apalagi bagi perusahaan yang bisnisnya berkaitan dengan nyawa manusia, kelalaian terhadap dua hal diatas akan sangat berakibat fatal. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, maka perusahaan harus membuat standar operasional prosedur bagi keselamatan dan keamanan konsumennya. Di samping perusahaan harus tetap mengikuti standar keselamatan dan keamanan internasional.
                  Inilah alasan mengapa Uni Eropa melarang 51 maskapai penerbangan Indonesia terbang ke langit Eropa. Otoritas penerbangan Indonesia dinilai tidak dapat memenuhi persyaratan teknis International Civil Aviation Organization (ICAO).
                  Sebanyak 27 negara anggota UE (Uni Eropa) sepakat tidak mencabut larangan terbang bagi 51 maskapai Indonesia. Negara-negara anggota UE tersebut dalam sidang komisi Eropa di Brussels, Belgia telah mendengarkan presentasi dari otoritas Indonesia dan tiga maskapai yang diprioritaskan, yaitu Garuda Indonesia, Mandala Airlines, dan Airfast. Namun, mereka mengambil kesimpulan fokus otoritas penerbangan Indonesia dianggap belum memenuhi standar UE. Memang, selama ini UE terkenal dengan penilaian yang objektif terhadap masalah keselamatan. Keputusan mereka tidak ada kaitannya dengan motif komersial ataupun bisnis, namun semata-mata memperhatikan keselamatan warga negara UE. Ada dua aspek masalah yang harus diselesaikan, yaitu masalah maskapai dan regulatornya. Dalam aspek maskapai penerbangan, apabila telah ada perbaikan, larangan terbang dapat dicabut. Oleh karena itu, perbaikan sistem keselamatan dan keamanan maskapai penerbangan nasional harus dapat memenuhi hasil audit standar ICAO.

3)            Financial and business issues
         Krisis moneter pernah membuat negara kita begitu sengsara. Krisis yang berawal jatuhnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika, berdampak sangat mengerikan. Rupiah terjun bebas dari Rp2.50,00 ke level Rp16.000,00, 16 bank dilikuidasi, rush terjadi di beberapa bank, kondisi politik menjadi tidak stabil, pengangguran bertambah, seiring dengan PHK massal di berbagai perusahaan di seluruh Indonesia. Pertumbuhan ekonomi turun drastis dari 7% per tahun menjadi minus 13%. Padahal setiap penurunan 1% pertumbuhan ekonomi akan mengakibatkan 400.000 orang kehilangan pekerjaan.
                  Krisis yang nyaris sama terjadi di Amerika. Subprime mortgage adalah pemicunya. Krisis financial di Amerika berdampak sangat serius bagi seluruh dunia. Membutuhkan biaya recovery sebesar US$700 juta milliar, krisisis ini memakan korban banyak perusahaan besar. Sebut saja Lehman Brothers, Fanni Mae, Freddi Mac, AIG Group, dan lain-lain.
                  Krisis keuangan menyerang seperti kanker, semakin lama Anda bereaksi, semakin parah perusahaan, semakin dekat Anda pada “kematian”. Berikut cerita di balik kebangkrutan salah satu raksasa Financial Amerika, Lehman Brothers.

Lehman Brothers Bangkrut
Senin, 15 September 2008 I 12:48 WIB


Gambar 3.7. Gedung Lehman Brothers
Sumber: http://i.dailymail.co.uk/i/pix/2008/11/12/article-1085143-02A05D5900000578-266_468x286.jpg

Washington - Bank investasi besar Wall Street, Lehman Brothers akhirnya tak kuat membendung masalah kredit macetnya. Bank berusia 158 tahun itu akhirnya mengajukan kebangkrutan guna melindungi aset dan memaksimalkan nilai perusahaan.
Demikian pernyataan dari dewan direktur Lehman Brothers, seperti dikutip AFP, Senin (15/9/2008). Bank investasi terbesar keempat AS ini akan menyampaikan formulir kebangkrutan ke United States Bankruptcy Court for the Southern District of New York pada hari Senin ini.
"Nasabah Lehman Brothers, termasuk nasabah anak perusahaan, Neuberger Berman Holdings LLC, tetap bisa melanjutkan transaksi dengan menggunakan account mereka," demikian bunyi pernyataan direksi Lehman Brothers.
Lehman ini mencatat kerugian sekitar US$3,9 miliar pada triwulan ketiga 2008 menyusul beberapa hapus buku pada aset mortgage-nya.
Pengumuman kebangkrutan itu muncul setelah tidak adanya pembeli yang pas sebagai investor baru Lehman Brothers. Keputusan ini sekaligus menjadi akhir dari pertemuan 3 hari berturut-turut yang digelar para bankir, bank sentral AS, dan Depkeu AS. (ddn/qom)

4)            Environmental issues
Environmental issues adalah isu-isu lingkungan yang sensitif yang dilakukan oleh perusahaan tertentu dengan mengabaikan aturan yang berlaku.
         Pencemaran lingkungan oleh perusahaan biasanya akan memancing reaksi keras dari masyarakat sekitar dan LSM yang peduli terhadap lingkungan. Demonstrasi dari masyarakat dan pressure group lainnya akan datang secara bertubi-tubi, hingga menarik minat media untuk meliput.
         Kasus pencemaran oleh PT Newmont Minahasa Raya, adalah contohnya. Warga Buyat, Kabupaten Minahasa Selatan, Provinsi Sulawesi Utara resah. Laut dan sungai yang sebelumnya akrab dengan kehidupan mereka sehari-hari, kini berubah menjadi ancaman. Pencemaran di Teluk Buyat yang diduga akibat pembuangan limbah pertambangan emas di kawasan itu mengakibatkan ratusan warga Buyat menderita. Tubuh mereka gatal-gatal, muncul benjolan di tangan, kaki, hingga kepala. Hasil penelitian dr. Jane Pangemanan, dosen Universitas Sam Ratulangi, Manado menyebutkan bahwa gejala ini timbul sejak  1999. Disimpulkan, kawasan perairan di Teluk Buyat terkontaminasi merkuri yang berasal dari pembuangan limbah industri emas. Setelah masyarakat, LSM, para pakar, dan akademisi angkat bicara, posisi PT MNR terpojok di antara tudingan banyak pihak.
                  Ketidakpedulian terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar, serta hanya peduli pada laba adalah tudingan yang kerap membuat perusahaan tidak berdaya menghadapi krisis dengan isu lingkungan ini.
                 
5)  Business practices and ethics
                  Dalam bisnis diperlukan etika dan kejujuran. Saat individu, organisasi atau perusahaan mengabaikan etika dan kejujuran maka krisis pasti akan terjadi. Korupsi, mark-up, suap, berbohong, pencemaran lingkungan, merugikan masyarakat adalah sedikit dari sekian banyak perilaku bisnis yang tidak etis.

6)            Worker misconduct
Worker misconduct adalah permasalahan yang terjadi dalam perusahaan  yang berkaitan antara perusahaan dan karyawan.
         Karyawan sebagai publik internal perusahaan seharusnya diposisikan sebagai mitra kerja bukan sebagai tenaga kerja semata. Sebagai aset perusahaan yang terpenting, perusahaan perlu menjalin hubungan baik dan memberikan total human reward kepada karyawan. Reward tidak selalu masalah financial tetapi perhatian dan perlakuan yang santun kepada karyawan juga merupakan hal yang sangat penting. 
         Kesenjangan komunikasi dan perbedaan kepentingan antara karyawan dengan perusahaan adalah hal yang harus dikelola dengan baik. Kebuntuan komunikasi yang kemudian memancing terjadinya demontrasi pada hakikatnya akan merugikan kedua pelah pihak. Selain itu, perselisihan antara serikat buruh dan pemodal yang berujung pada PHK dapat mengundang kerawanan sosial dan keamanan yang lebih luas.

7)      Legal issues
         Saat ini banyak perusahaan, politisi, atlet, dan tokoh masyarakat (public figure) yang terkena kasus hukum. Bersinggungan dengan hukum tentu tidak diinginkan oleh semua orang. Ketika perusahaan atau seseorang melanggar hukum, pasti akan mendapat sorotan luas dari media. Banyak orang yang bahkan bukan public figure menjadi sangat terkenal karena terlibat kasus hukum di Indonesia. Sebut saja Amrozi dan Imam Samudra. Kasus hukum merupakan salah satu magnet media yang paling kuat, apalagi jika menimpa public figure atau tokoh masyarakat. Ketika Aulia Pohan, mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia yang juga besan Presiden SBY ditetapkan sebagai tersangka, liputan media jauh lebih intens daripada tersangka lainnya. Bahkan infotainment juga meliput. Hal serupa juga terjadi pada mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim yang dituduh oleh Mahathir Muhammad telah melakukan sodomi. Banyak kalangan menilai penetapan Anwar sebagai tersangka kasus sodomi hanyalah rekayasa pemerintah untuk menurunkan popularitas Anwar Ibrahim di muka rakyat.
         Kasus hukum memang berpotensi menurunkan citra seseorang dengan sangat drastis. Persepsi publik akan berubah 180%. Bayangkan persepsi masyarakat ketika seorang anak mantan Presiden Soeharto, yang juga pengusaha, Hutomo Mandala Putra, dijatuhi hukuman penjara 15 tahun karena tuduhan berada di balik pembunuhan Hakim Agung.      Juga hancurnya citra Roy Marten ketika dua kali tertangkap mengonsumsi narkoba. Bayangkan juga citra Nazaruddin Syamsudin, mantan Ketua KPU, seorang Guru Besar di Universitas Indonesia, yang baru saja mendapat penghargaan dari Monash University, Australia karena sukses menyelenggarakan Pemilu langsung di Indonesia, diseret ke pengadilan dan dijatuhi hukuman penjara karena kasus korupsi. Belakangan justru banyak dari kalangan akademisi yang terseret kasus korupsi. Sebut saja Mulyana W. Kusuma, anggota KPU dan dosen kriminolog dari Universitas Indonesia, Rohmin Dahuri mantan menteri yang juga dosen di IPB,  dan lain-lainnya.
         Di jagad selebritas, perbuatan melanggar hukum juga kerap terjadi. Kasus hukum selebritis didominasi oleh kasus narkoba, kekerasan, dan penipuan.

8)      Accident and disaster
         Kecelakaan dapat terjadi kapan saja. Berbagai hal bisa menjadi penyebabnya, baik karena human error atau permasalah teknis lainnya.
         Meledaknya Depo Pertamina Plumpang adalah kecelakaan industri yang paling heboh di awal tahun 2009. Kecelakan industri yang juga berakibat sangat fatal adalah semburan lumpur tak terkendali akibat pengeboran yang dilakukan oleh Lapindo Brantas, anak perusahaan Grup Bakrie. Lumpur Lapindo merendam empat desa di Sidoarjo. Efek dari lumpur Lapindo merambat ke Istana dimana Aburizal Bakrie salah satu menteri di Kabinet Indonesia Bersatu, pemilik Grup Bakrie diminta bertanggung jawab atas kecelakaan itu. Citra pemerintah pun terkena dampaknya karena dianggap melindungi Grup Bakrie dengan mengatakan sebagai musibah nasional. Namun, belakangan pemerintah mendesak Grup Bakrie untuk segera menyelesaikan kewajibannya dan memberikan ganti rugi sesuai dengan kesepakatan.

9)      False advertising
False advertising adalah krisis yang terjadi ketika bentuk iklan yang dibuat suatu perusahaan, individu atau organisasi justru menciptakan polemik di tengah masyarakat. Dengan kata lain, secara tidak sengaja perusahaan menciptakan krisisnya sendiri.
Publik bereaksi negatif dan menganggap perusahaan berbohong, menyajikan fakta yang tidak akurat, mengusung kekerasan, menyinggung perasaan publik, dan dianggap tidak melakukan edukasi yang baik bagi khalayak. Di bawah ini adalah iklan yang kemudian berubah menjadi bumerang bagi perusahaan.

Iklan dengan Sosok Pahlawan, PKS Diprotes
Rabu, 29 Oktober 2008 | 15:12 WIB

JAKARTA, RABU — Generasi Muda Nahdlatul Ulama (GMNU) melayangkan protes atas iklan politik Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang menampilkan tokoh-tokoh pahlawan nasional, seperti KH Ahmad Dahlan, (pendiri Muhammadiyah) dan KH Hasyim Asyhari (pendiri Nahdlatul Ulama).
GMMN menilai, penampilan tokoh-tokoh tersebut hanya digunakan untuk menarik suara rakyat. "Hal ini merupakan penipuan politik. Kami meragukan apakah azas yang diusung oleh PKS sewarna dengan Hasyim Asyhari, pendiri NU," ujar Dendy, anggota PB Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, Rabu (29/10) di Kantor PBNU, Jakarta.
Hal senada diungkapkan Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Idy Muzayyad. "PKS cenderung melakukan kegiatan kampanye politik di media massa dengan mendompleng ketokohan yang memiliki barisan pengikut. Jelas bahwa aliran PKS adalah Wahabi, sedangkan Hasyim Asyhari adalah Sunni. Hal ini tentu akan membingungkan. Saya merasa ada unsur kesengajaan untuk membiaskan penokohan ini oleh PKS," ujarnya.
Dendy menegaskan, pihaknya akan segera melayangkan surat protes keras terhadap penayangan tokoh tersebut kepada pengurus PKS. "Kami akan mengimbau yang bersangkutan untuk menghentikan tayangan iklan politik tersebut," tuturnya. (HIN)

KPI Minta Stasiun TV Hentikan Iklan Ki Joko Bodo
Kamis, 17 April 2008

Komisi Peyiaran Indonesia (KPI) Pusat secara tegas mengingatkan kembali stasiun TV agar menurunkan iklan Ki Joko Bodo. Sesuai dengan surat No: 174/K/KPI/04/08 yang dikirimkan KPI Pusat tanggal 10 April 2008 lalu, KPI Pusat telah meminta kepada semua stasiun TV untuk menghentikan tayangan iklan Ki Joko Bodo.
Dalam surat peringatan tersebut dinyatakan, KPI Pusat mengeluarkan kembali surat peringatan ini karena masih ditemukan stasiun televisi yang menayangkan iklan supranatural tersebut.
Berdasarkan pengamatan KPI Pusat, iklan Ki Joko Bodo dinilai telah mengabaikan nilai agama karena menjanjikan dapat mengubah nasib seseorang. Sesuai dengan pasal 36 ayat 6 UU Penyiaran 2002, tercantum bahwa isi siaran dilarang memperolok, merendahkan, melecehkan, dan/atau mengabaikan nilai-nilai agama, martabat manusia, atau merusak hubungan internasional. Dan, kemudian Pasal 46 ayat 3 (d) yang menyebutkan bahwa siaran iklan niaga dilarang melakukan hal-hal yang bertentangan dengan kesusilaan masyarakat dan nilai-nilai agama.
Gambar 3.8. Iklan yang Bermasalah
Sumber: http://www.kaskus.us

Bersama surat peringatan itu, KPI Pusat juga meminta kepada seluruh stasiun TV untuk memindahkan penayangan iklan yang terkait dengan disfungsi kelemahan seksual pria dan iklan kondom, yakni On Clinic dan Bluemoon setelah pukul 22.00 waktu setempat sesuai dengan ketentuan dalam Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (SPS).
Dalam penutupannya, KPI Pusat juga mengancam, apabila pihak stasiun TV tidak mengindahkan surat peringatan itu, sementara KPI Pusat masih melihat dan mendengar pengaduan dari masyarakat, maka KPI Pusat akan meneruskan pengaduan masyarakat ini kepada pihak yang berwajib.

XL Telah Tarik Iklan “Gue Kawin Lagi Ama Kambing”
Kamis, 17 April 2008

Sementara itu, PT Excelcomindo Pratama Tbk menyatakan telah menarik semua iklan XL versi pernikahan manusia dengan binatang terhitung sejak 7 April 2008 dari semua stasiun televisi. Hal ini terungkap dalam surat klasifikasi PT Excelcomindo Pratama Tbk kepada KPI Pusat tertanggal 11 April 2008.
Sebelumnya, pada 11 April 2008, KPI Pusat mengeluarkan siaran pers yang salah satu isinya adalah memutuskan menghentikan tayangan iklan operator selular XL yang menggambarkan adanya pernikahan manusia dengan binatang. KPI menilai bahwa iklan tersebut memperolok dan merendahkan martabat manusia.
Meskipun demikian, dalam surat tersebut, PT Excelcomindo Pratama Tbk belum menghentikan iklan tersebut pada televisi berlangganan  Astro TV. Alasannya, perlu proses koordinasi secara luas. (fkreatif_kpi)

10)     Customer complaints
      Lihatlah surat pembaca di berbagai media cetak lokal dan nasional. Di situ Anda akan menemukan berbagai komplain dari konsumen yang tidak puas dengan produk atau pelayanan yang diberikan perusahaan. Bayangkan surat pembaca itu akan dibaca jutaan orang dan kemudian diceritakan lagi ke jutaan orang lainnya. Dalam sekejap berita buruk produk dan layanan Anda tersebar ke seluruh dunia.
      Konsumen yang puas hanya akan menceritakan kepuasannya kepada 4-6 orang lainnya, tapi konsumen yang tidak puas akan bercerita kepada 6-8 orang lainnya. Oleh karena itu, berhati-hatilah terhadap konsumen yang tidak puas. Lagipula biaya untuk mempertahankan pelanggan lebih murah daripada mendapatkan satu pelanggan baru. Biasanya keluhan konsumen berkisar pada kualitas produk, harga yang tidak fair, iklan yang menyesatkan, dan pelayanan yang buruk.

11)     Out of stock products
Dalam rangka menjalankan aktivitasnya, perusahaan membutuhkan pasokan bahan baku untuk memproduksi produknya. Kemudian diolah dan diproses, baik dengan menggunakan tenaga manusia ataupun menggunakan alat-alat produksi, seperti mesin atau infrastruktur lainnya. Setelah melewati proses produksi, barulah produk siap dijual ke pasar. Alur input-proses-output di atas harus terjaga dengan baik. Kekurangan pasokan bahan baku, kerusakan mesin, atau kurangnya tenaga kerja dapat menghambat proses produksi yang kemudian berdampak pada jumlah produksi. Inilah yang menyebabkan kelangkaan. Kelangkaan menyebabkan kepanikan baik dari sisi produsen maupun konsumen.
      Di akhir November 2008, Sekitar 600 Restoran Asing di Jakarta kesulitan bahan baku kibat krisis global dan ketatnya pengawasan bahan pangan impor. Restoran asing yang ada di Jakarta mempekerjakan sedikitnya 6.000 orang itu juga terancam tidak dapat beroperasi jika terus dirundung kesulitan importasi. Bahkan kesulitan bahan baku pangan dan minuman ini sudah terjadi 2 (dua) bulan sebelumnya. Ada berbagai sebab seperti ketatnya pengawasan Bea dan Cukai sehingga proses masuk barang impor lebih lambat dan sulit. Praktis terjadi kekurangan bahan pangan yang dibutuhkan untuk operasional. Tak pelak hal ini membuat restoran-restoran itu terganggu operasionalnya. Ratusan restoran atau rumah makan tersebut beroperasi di gerai tersendiri maupun di dalam hotel berbintang. Dengan asumsi setiap restoran mempekerjakan minimal 100 orang, maka 600 restoran itu dipastikan memperkerjakan sedikitnya 6.000 pekerja. Kini para warga ekspatriat di Jakarta harus belanja di Singapura untuk mendapat bahan pangan tertentu, seperti keju mozarella, wasabi, anggur, dan berbagai kebutuhan pangan lain. Apabila krisis ini tidak segera diatasi diperkirakan restoran dan supermarket yang menjual bahan pangan impor harus tutup karena kesulitan pengadaan bahan.
      Baru-baru ini masyarakat juga dikejutkan dengan terjadinya kelangkaan air minum kemasan. Air kemasan galon yang kini masuk deretan kebutuhan pokok (sembako) warga kelas menengah di Jakarta, yang langka sejak Lebaran, berlanjut hingga bulan Oktober 2008. Bukan perkara mudah mencari segalon air merek Aqua, penguasa pasar air minum kemasan. Selain langka, harganya juga melonjak. Lain tempat, lain harga.
Konsumen perlu berpindah-pindah toko untuk mendapatkan segalon Aqua. Toko-toko juga mengaku tidak mendapat stok. Kelangkaan ini membuat masyarakat bertanya-tanya apa yang terjadi pada Aqua. Sebagian mempunyai persepsi positif dan sebagian negatif.  Melihat kebingungan dan kepanikan yang terjadi di masyarakat Aqua segera tanggap dengan membuat press release. 
Berikut adalah press release Aqua, merespon isu kelangkaan Aqua yang beredar di masyarakat:
     
Kelangkaan Sementara Produk AQUA Kemasan Gallon
Senin, 3 September 2008
Sumber: www.aqua.com

Akhir-akhir ini pelanggan di Indonesia mengalami kesulitan untuk membeli produk AQUA kemasan gallon dari gerai retail. Kami minta maaf atas ketidaknyamanan yang telah terjadi. Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan hal-hal terkait masalah tersebut.
Kelangkaan produk AQUA ini hanyalah bersifat sementara. Kami ingin meyakinkan para pelanggan bahwa terjadinya kelangkaan produk AQUA di pasaran ini hanyalah bersifat sementara dan terjadi karena adanya gangguan operasional pengangkutan produk kami yang berlangsung antara 26 September sampai dengan 6 Oktober 2008. Selama masa tersebut, kami tidak dapat mengirim produk-produk kami dari pabrik karena diberlakukannya larangan melintas di jalan bagi sektor usaha terkait perayaan Lebaran. Keadaan ini menyebabkan terjadinya gangguan pada mata rantai pasokan serta distribusi kami yang mengakibatkan terjadinya kelangkaan galon AQUA seperti yang dialami oleh pelanggan di beberapa daerah di Jabotabek.
Stok galon AQUA kini telah dikirimkan ke gerai-gerai retail dan kami akan terus berupaya untuk memastikan bahwa ketersediaan produk kami akan kembali normal dalam waktu secepat mungkin.
Sumber mata air kami aman dan terlindungi. Kami ingin memastikan kepada para pelanggan bahwa tidak terjadi kekeringan air di pabrik kami di Sukabumi. Kenyataannya, sumber mata air kami di Sukabumi masih terus menghasilkan air yang berkualitas tinggi. Sebagai merek air minum dalam kemasan yang terpercaya, kami berkomitmen untuk selalu memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin meningkat akan air minum berkualitas tinggi yang aman. Air AQUA adalah air segar yang berasal dari sumber mata air pegunungan.
Kami selalu menghargai dan menjaga kelestarian sumber daya air dan lingkungan dengan tidak mengambil air melebihi dari yang disediakan oleh alam. Oleh karena itu, kami dengan ketat mengatur jumlah air yang kami gunakan dalam memproduksi air AQUA. Dengan demikian, perlu waktu bagi kami untuk membuat ketersediaan produk kembali normal.
AQUA berkomitmen untuk melayani pelanggan. Kami percaya bahwa akses untuk mendapatkan air minum yang aman dan berkualitas tinggi adalah hak setiap manusia.
Kami sangat menghargai dukungan dan kepercayaan pelanggan Indonesia terhadap merek AQUA dan tetap berkomitmen untuk melayani Anda sebaik mungkin. Hal ini terlihat dari upaya kami untuk terus-menerus meningkatkan pelayanan kami. Salah satu upaya kami untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan adalah dengan meluncurkan layanan hotline AQUA.

1 komentar:

  1. BOLAVITA Adalah Agen Judi Online Indonesia yang berdiri sejak 2013. Menjadi salah satu Situs Judi Online Terpercaya di Indonesia yang menyediakan berbagai jenis permainan yang sangat lengkap dan sudah di akui banyak kalangan pecinta judi online Di Indonesia.

    Tersedia :
    » Judi Bola Online / Sportsbook
    » Sabung Ayam ( Wala / Meron )
    » Casino Live ( Player / Banker )
    » Slot online ( Mesin Jackpot )
    » Togel Online ( Toto Online )
    » Bola Tangkas ( Tangkasnet / 88Tangkas )
    » Tembak Ikan ( Fishing Hunter )
    » Poker Online
    » Domino
    » Dan Masih Banyak Lainnya.

    Promo :
    ★ Bonus Deposit Pertama 10%
    ★ Bonus Deposit Setiap Hari 5%
    ★ Bonus Cashback Mingguan 5% - 10%
    ★ Bonus Referral 7% + 2%
    ★ Bonus Rollingan 0,5% + 0,7%
    ★ Bonus 100% Win Beruntun 8x, 9x, 10x

    Menerima :
    Judi Online Deposit Ovo
    Judi Online Deposit Gopay
    Judi Online Deposit Dana
    Judi Online Deposit Linkaja
    Judi Online Deposit Pulsa
    Judi Online Deposit Bank

    Link Pendaftaran »»»» https://bit.ly/3b2Tnq7
    Kontak WhatsApp »»»» Klik Link : https://bit.ly/aktif24jam
    Link Layanan Live Chat (24 Jam Online) »»»» https://bit.ly/2VD8fER

    » S128
    » SV388
    » CASINO
    » TARUHAN BOLA
    » SBOBET
    » CBET
    » NOVA88
    » TEMBAK IKAN
    » SLOT
    » Livechat Bolavita

    BalasHapus